*Kanwil Banten di Festival Layanan Hukum dan HAM 2024, Semakin Dekat Dengan Masyarakat*


Tangerang ( ) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) (Kemenkumham) Provinsi Banten turut berpartisipasi aktif dalam Festival Layanan Hukum dan HAM 2024 yang dilaksanakan di lapas anak kota tangerang rabu, 07 Agustus 2024. Dengan tema “semakin dekat dengan masyarakat”, acara ini bertujuan memperkuat keterlibatan dan akses masyarakat terhadap layanan Hukum dan HAM.

Kepala Kemenkumham Banten Dr. Dodot Adi koeswanto mengatakan, pentingnya peran kanwil dalam memperluas akses layanan Hukum dan HAM di tengah masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif, termasuk Festival ini, ” katanya.

Dengan tema “semakin dekat dengan masyarakat” dapat memberikan layanan yang mudah bagi masyarakat. “Kami berusaha untuk memberikan layanan yang mudah diakses dan dipahami oleh semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Menurut pantau Forum Wartawan Banten KP3B (FWB-KP3B) Kanwil Banten lakukan berbagai kegiatan dan layanan selama Festival, diantaranya :

*1. Klinik Konsultasi Hukum*

Menyediakan layanan konsultasi hukum gratis yang melibatkan para ahli hukum dan petugas kanwil dan masyarakat dapat berkonsultasi mengenai isu hukum dari masalah perdata hingga pidana.

*2. Sosialisasi Hak Asasi Manusia (HAM)*

Kanwil mengadakan sesi sosialisasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HAM. Materi yang disampaikan mencakup hak-hak dasar yang harus diketahui setiap warga negara.

*3. Pelayanan Terpadu*

Berbagai layanan administrasi terkait hukum dan HAM, seperti pendaftaran tanah, layanan imigrasi dan notaris, disediakan secara terpadu untuk memudahkan akses masyarakat.

Dodot berharap, festival ini dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan kanwil dan masyarakat. “Kami berharap dari kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan memanfaatkan layanan hukum dan HAM yang tersedia dan kami komitmen terus memberikan yang terbaik,” harapanya. (Red)

Berita Terkait

Top