*Kriyanusa 2023, Ketua Dekranasda Provinsi Banten Tine Al Muktabar Promosikan Tenun Baduy dan Tas Rajut*


    

Jakarta,detik Indonesia news.com// Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten Tine Al Muktabar mengenakan pakaian berbahan Tenun Baduy saat mengikuti peragaan busana atau fashion show pada Pameran Kriyanusa Tahun 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jl Jenderal Gatot Subroto No.1 Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023).

“Tadi saya mengikuti fashion show untuk memperagakan wastra-wastra Nusantara, saya mengangkat Tenun Baduy untuk pakaiannya serta seni rajutan pada tas dan sepatu yang saya gunakan,” ungkap Tine Al Muktabar.

Selanjutnya, Tine juga menyampaikan alasan dirinya menggunakan pakaian Tenun Baduy pada kegiatan tersebut di antaranya selain memiliki ciri khas budaya, tenun Baduy mampu dikombinasikan dengan desain modern.

Begitu juga kata Tine, dengan tas rajutan yang dikombinasikan dengan batu mutiara sehingga menghasilkan kriya yang unggul.

“Jadi ini bukti kita mendukung para pengrajin kriya di Provinsi Banten. Saya mempromosikan secara langsung di hadapan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas ibu Wury Ma’ruf Amin,” katanya.

Selain itu, Tine juga menuturkan pada Pameran Kriyanusa Tahun 2023, stand Provinsi Banten memamerkan puluhan jenis kriya hasil pengrajin di Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya wirausaha baru yang menggeluti sektor kriya ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik untuk keluarga maupun daerah,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kriyanusa merupakan pameran kerajinan berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dekranas dengan komitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kriya Indonesia. Kriyanusa juga dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya Indonesia.

Kegiatan Kriyanusa tahun 2023 tersebut dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pameran kerajinan nusantara tersebut diselenggarakan tanggal 13 s.d 17 September 2023 di JCC, Jakarta.(hanaf) 

Berita Terkait

Top